Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini

Oleh: Zahra Haidar

Karakter merupakan watak dan kepribadian yang mempengaruhi sikap dan tingkah laku seseorang. Pada era globalisasi saat ini diperlukan manusia dengan karakter yang tangguh agar mampu bertahan dan memiliki kemampuan dalam menghadapi tantangan zaman.

Karakter yang baik merupakan kunci sukses kehidupan. Setiap orang tua tentu menginginkan anak-anaknya memiliki karakter yang baik. Orang tua pasti akan merasa bahagia bila melihat anaknya memilki karakter yang baik dan sukses dalam kehidupannya.

Pembentukan karakter anak harus dimulai sedini mungkin, bahkan sebelum anak dilahirkan. Karakter orang tua mempengaruhi karakter anak yang dilahirkannya. Karakter bawaan yang telah dimilki sejak lahir akan sulit untuk diubah. Namun orang tua dapat mengupayakan menekan karakter yang kurang baik dan  menumbuhkembangkan karakter baik setelah anak dilahirkan dengan berbagai cara.

Pendidikan karakter dapat dilakukan oleh orang tua sejak anak berada dalam kandungan. Sikap, tingkah laku dan kondisi emosi seorang ibu yang sedang hamil berpengaruh pada janinnya. Rangsangan-rangsangan dengan kata-kata dan music yang lembut, serta usapan di perut sang ibu akan memberikan pengaruh positif pada karakter anak yang akan dilahirkan.

Masa-masa usia dini (0 sampai 6 tahun) adalah masa yang paling menentukan bagi pembentukan karakter seorang anak. Sejak anak dilahirkan harus dipastikan selalu berada di lingkungan yang baik. Otak anak bagaikan spons yang menyerap hal-hal yang dapat ditangkap oleh panca inderanya. Anak belum mampu memilah yang baik atau buruk, ia akan menerima apa saja yang masuk ke dalam memorinya. Apa yang didengar, dilihat, dan dirasakan anak pada usia dini akan terpatri dan mewarnai pembentukan karaker dan kepribadiannya. Hal ini akan menjadi sangat berbahaya bila hal-hal yang diterima pada masa usia dini adalah hal-hal yang buruk.

Orang tua yang berharap anaknya memiliki karakter yang baik, harus mengawal pembentukan karakter anak sedini mungkin. Hal-hal yang diterima anak pada usia dini menjadi konsep dasar yang menjadi pijakan  dalam memaknai hal-hal yang diterima selanjutnya. Itulah sebabnya orang tua harus mewarnai kalbu anak sejak usia dini dengan hal-hal yang baik agar tumbuh konsep diri dan karakter baik dalam kehidupannya. Bila konsep dasar tersebut sudah terpatri dalam diri anak, orang tua hanya perlu mengawal pada masa-masa selanjutnya.

Orang tua juga perlu memberikan rangsangan-rangsangan dan pembiasaan agar terbentuk karakter yang diharapkan. Sebagai contoh, orang tua yang berharap anaknya rajin membaca dapat membaisakan membacakan buku cerita sejak bayi pada anaknya. Orang tua yang berharap anaknya berjiwa social sejak balita dibiasakan untuk ikut serta dalam kegiatan social. Orang tua yang menginginkan anaknya bersikap lembut harus membiasakan bersikap dan berkata lemah-lembut pada anaknya.Orang tua harus dan lingkungan di sekitar anak harus senantiasa mengkondisikan dan membiasakan hal-hal yang baik agar terbentuk karakter yang baik pada diri anak. Nilai keimanan, nilai nasionalisme dan kebangsaan, nilai-nilai moral, budaya dan etika yang baik,  merupakan nilai-nilai dasar dalam pembentukan karakter anak.

Pembentukan karakter dapat dilakukan melalui keteladanan, pengkondisian, pembiasaan, pendidikan dan latihan. Pendidikan karakter juga dapat ditanamkan melalui cerita-cerita yang mengandung pesan moral. Pembentukan karakter seorang anak merupakan tanggung jawab orang tua. Lingkungan masyarakat, lembaga pendidikan, media massa, dan pemerintah juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter serorang anak. Agar terbentuk generasi yang memiliki karakter unggul, semua pihak harus bertanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembentukan karakter anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s