BAHAN AJAR

SATUAN KEGIATAN MINGGUAN

Contoh Satuan Kegiatan Mingguan Kelompok A Semester I  TK Raudhah

Tema Aku Anak Sholeh

Program Semester TK Raudhah

Contoh Program Semester I kelompok A TK Raudhah

Bidang Pengembangan Nilai Moral Agama

 

 

RENCANA KEGIATAN HARIAN (RKH)

 

KELOMPOK                          :  A

SEMESTER                            :  I

Bulan/MINGGU                     :  Juli/2

 

TEMA/SUB TEMA                : Aku Anak Sholeh/Panca Inderaku Anugerah Allah

PENGEMBANGAN KARAKTER   :  kemandirian

HARI, TANGGAL                :  Senin,  18 Juli 2011

WAKTU                                 :  07.30 – 10.15

Indikator :

Nilai Agama dan moral (NAM)

-          Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana

-          Meniru pelaksanaan kegiatan ibadah

Bahasa

-          Mendengarkan cerita sederhana

-          Menyebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita

-          Menyebutkan berbagai bunyi / suara yang ditunjukkan dalam gambar

Fisik

-          Melakukan kegiatan permainan yang melibatkan panca indera

-          Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdough

Kognitif

-          Mengenal kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, sama-tidak sama

-          Membilang banyak benda dari 1 sampai 10

Sosial Emosi

-          Mau bermain tanpa ditemani orang tua

1.1.        KEGIATAN AWAL ± 45 MENIT

Kegiatan di luar kelas (15 menit)

-          Melakukan kegiatan fisik/motorik: bisik berantai

Kegiatan di dalam kelas (30 menit)

-            Bernyanyi (lagu: Assalamualaikum, Dua Mata Saya)

-            Berdoa dan mengucap salam (Pembiasaan: sikap berdoa)

-            Cerita Pagi: (Bahasa)

Mendengarkan cerita boneka berjudul : Aku Anak Sholeh

Bertanya jawab tentang tokoh dan sikap anak dalam cerita.

-            Setiap anak diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri (nama, nama

orang tua, alamat rumah, saudara, mainan)

-          Membicarakan tema/sub tema

 1.2.        KEGIATAN INTI ± 60 MENIT

-          Sebelum kegiatan dimulai, menyampaikan pada anak kegiatan di area yang diprogramkan

-          Anak memilih kegiatan sesuai minat

-          Mendiskusikan dengan anak aturan permainan pada masing-masing area

Area Sains

-            Bermain meraba berbagai macam benda, mengelompokkan benda yang permukaannya halus dan kasar

Area Bermain Angka

-            Bermain menghitung banyak biji-bijian dan memasangkan dengan angka

Area Seni & Kreasi

-            Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan playdough/tanah liat (F)

Area Balok

-            Menciptakan bangunan dari balok

1.3.        ISTIRAHAT/MAKAN ± 30 MENIT

Cuci tangan, makan (berdoa sebelum dan sesudah makan) dan bermain.

1.4.        KEGIATAN AKHIR ± 30 MENIT

-          Bertepuk tangan dengan 2 pola (seni)

-          Diskusi tentang kegiatan hari ini

-            Menanyakan kesan dan pengalaman bermain sambil belajar hari ini

-       Menyimpulkan bahwa panca indera anugerah dari Allah sangat bermanfaat, kita harus bersyukur dan memanfaatkan untuk kebaikan

-          Menyanyikan lagu: ”Jagalah Matamu yang Indah”

-          Menginformasikan tentang kegiatan yang asyik esok hari

-          Berdoa, pulang

 

ALAT/SUMBER BELAJAR

-            Boneka tangan

-            CD/Casette lagu anak

-            Lembar Gambar

-            Buku Cerita

-            Biji-bijian

-            Play dough

-            Balok berbagai bentuk dan ukuran

-            Berbagai macam benda yang memiliki permukaan halus dan kasar (potongan plastik, karpet, kertas, buah apel, buah rambutan)

 

PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK

Penilaian dilaksanakan dengan observasi, hasil karya, performance, dan unjuk kerja.

Kepala TK

   Z a h r a, S.Pd.

 

 

AYO BELAJAR MEMBACA

Mengajak anak senang membaca dengan belajar mengenal huruf melalui gambar

MENGENAL HURUF

Ajaklah ananda mewarnai gambar di bawah ini dengan warna kesukaannya!

Ayo mewarnai gambar!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s